SOLOPOS.COM - Lokasi penemuan jasad bayi perempuan di Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Senin (23/10/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Ibu dari jasad bayi perempuan terbungkus tas kresek yang ditemukan di depan kios tepi Jl Ir Soekarno, Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Senin (23/10/2023), diduga mahasiswi berusia 22 tahun.

Hal itu berdasarkan tulisan pada secarik kertas berisi pesan yang diduga ditinggalkan oleh orang tua si bayi. Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, pesan itu ditulis tangan pada kertas bergaris.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Lewat tulisan itu, orang tua si bayi berpesan dan meminta tolong agar jasad bayi itu dikebumikan dengan layak. Orang tua si bayi menyebut dirinya hidup sendiri itu dan bahwa bayi itu meninggal saat masih dalam kandungan.

Tulisan pada secarik kertas itu menjadi modal bagi aparat Polres Klaten untuk menyelidiki guna mengetahui identitas orang tua jasad bayi yang ditemukan di Buntalan tersebut. Pada pembungkus jasad bayi maupun kertas berisi pesan itu tidak ditemukan keterangan identitas orang tua si bayi.

Kaur Bin Ops (KBO) Satreskrim Polres Klaten, Iptu Umar Mustofa, saat ditemui Solopos.com di Polres Klaten, Senin, mengatakan akan berkoordinasi dengan seluruh polsek di wilayah Klaten dalam penyelidikan tersebut.

Saat ini, jenazah bayi perempuan itu dibawa ke RS Bhayangkara Polda DIY untuk proses autopsi. “Ini [autopsi] dilakukan untuk memperjelas apakah bayi itu meninggal di dalam kandungan atau di luar kandungan,” kata Umar.

Bidan Kelurahan Buntalan, Kecamatan Klaten Tengah, Tina Farida Moestofa, yang datang ke lokasi penemuan bayi itu mengatakan secarik kertas berisi pesan itu ditemukan di bagian bawah jasad bayi itu.

“Jadi di bawahnya itu ada kain sarung dan semacam sweater. Surat itu ditemukan paling akhir,” kata Tina. Ia juga menjelaskan surat itu berisi pesan agar jasad bayi yang ditemukan di kios wilayah Buntalan, Klaten, tersebut dimakamkan dengan baik.

Dalam surat itu dituliskan bayi meninggal di kandungan. Di surat itu juga tertulis orang yang diduga ibu bayi itu berumur 22 tahun dan hidup sendiri.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, jasad bayi perempuan itu ditemukan terbungkus kain dengan bagian luar terbungkus tas kresek. Bayi itu diperkirakan belum lama dilahirkan dengan panjang badan sekitar 48 sentimeter dan berat sekitar 2,8 kg hingga 3 kg.

Jasad bayi itu ditemukan orang yang melintas di depan kios tepi Jl Ir Soekarno tak jauh dari kampus Universitas Muhammadiyah Klaten (Umkla) atau yang sebelumnya bernama Stikes Klaten.

“Kondisi bayi sudah meninggal dunia, ditemukan warga di selasar salah satu jasa fotokopi. Kami mendapatkan informasi sekitar pukul 08.00 WIB kemudian mendatangi lokasi,” kata Bidan Kelurahan Buntalan, Tina Farida Moestofa, saat dihubungi Solopos.com, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya