SOLOPOS.COM - Gedung DPRD Kabupaten Karanganyar. Foto diambil Jumat (10/2/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyr telah merampungkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024. Hasilnya terlihat komposisi parpol yang merebut kursi di DPRD Karanganyar tak terlalu berbeda, PDIP masih menguasai.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com dari hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten di laman resmi KPU Karanganyar, PDIP masih menjadi pemenang pemilu dengan perolehan 197.230 suara dan meraih 15 kursi. Kemudian disusul Partai Golkar dengan 137.288 suara dengan sembilan kursi, PKS 60.747 suara dengan lima kursi, dan Partai Demokrat sebanyak 57.869 suara juga dengan lima kursi.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kemudian PKB meraih 56.169 suara dengan lima kursi, Partai Gerindra sebanyak 44.293 suara dengan empat kursi, dan PAN sebanyak 26.966 suara mendapatkan dua kursi.

Ketua KPU Karanganyar, Daryono, mengatakan rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten telah rampung pada Kamis (29/2/2024) malam. Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis (28-29/2/2024) di Gedung Paripurna DPRD setempat.

Pada  hari pertama rekapitulasi, KPU baru menyelesaikan sebanyak 10 kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada di Karanganyar. Kemudian sisanya dilanjutkan pada hari kedua. “Alhamdulillah tidak ada halangan, proses rekapitulasi tingkat kabupaten ini bisa diselesaikan sesuai jadwal,” kata dia.

Daryono mengatakan rapat pleno rekapitulasi selesai dilaksanakan, baik pilpres, pileg dan DPD, yang ditetapkan dalam berita acara dengan ditandatangani komisioner KPU dan para saksi partai. Hasil pleno tersebut akan dikirimkan ke KPU Provinsi Jawa Tengah.

Ketua DPC PDIP Karanganyar, Bagus Selo, mengatakan posisi Ketua DPRD Karanganyar periode 2024-2029 tetap dipegang PDIP. Selain itu jatah kursi yang diraih PDIP pada Pemilu 2024 naik dua kursi dibandingkan Pemilu 2029 yang hanya 13 kursi.

Bagus Selo menjelaskan 15 kursi PDIP itu masing-masing diperoleh dari Dapil 1 empat kursi, Dapil 2 tiga kursi, Dapil 3 tiga kursi, Dapil 4 dua kursi dan Dapil 5 tiga kursi.

Perolehan kursi Partai Demokrat di DPRD Karanganyar ini naik satu kursi dibandingkan Pileg 2019 lalu. Partai Demokrat kembali mencuri satu kursi di Dapil 1. Selain meraih lima kursi, perolehan suara Partai Demokrat berada di posisi ke empat terbanyak di Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya