SOLOPOS.COM - Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024, di Halaman Apel Mapolresta Solo, Sabtu (2/3/2024) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, didampingi Dandim 0735/Solo, Letkol (Inf) Eko Hardianto dan Lima Pilar Keselamatan memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024, di Halaman Apel Mapolresta Solo, Sabtu (02/03/2024) pagi.

Dalam amanatnya, Iwan mengatakan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, disertai penegakan hukum, dengan pendekatan humanis dan edukatif.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Tujuan operasi ini untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas. Sehingga tercipta keamanan, ketertiban, kelancaran, dan keselamatan berlalu lintas (kamseltibcarlantas) yang optimal.

Dia berharap operasi berjalan lancar dan memberikan hasil positif dalam menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat.

Berdasarkan data, pada 2023 terdapat peningkatan jumlah pelanggaran lalu lintas di angka 25%, dibandingkan dengan 2022 yang mencapai 11.453 pelanggaran. Namun, jumlah tilang mengalami penurunan 28% menjadi 6.350 lembar pada 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sementara itu, jumlah teguran mengalami peningkatan signifikan sebanyak 207%, mencapai 8.045 teguran, dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dalam Apel Gelar Pasukan ini, perwakilan komunitas masyarakat membacakan deklarasi aksi keselamatan jalan yang menegaskan komitmen untuk setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, serta siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mereka juga berjanji saling menghargai dan menghormati hak pengguna jalan sesuai amanat Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009.

Selain itu, mereka bersedia untuk bersama-sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia memberikan sosialisasi, edukasi, dan partisipasi dalam upaya mewujudkan lalu lintas yang aman, tertib, dan berkeselamatan.

Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2024 diharapkan dapat menjadi langkah konkret dalam meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas, serta menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib bagi semua pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya