SOLOPOS.COM - Mbah Minto saat berada di teras rumahnya di RT 005/RW 017, Krakitan, Bayat, Klaten, Kamis (30/4/2020). (Solopos/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN – Mbah Minto yang berasal dari Bayat, Klaten, mendadak jadi artis baru di media sosial. Hal ini terjadi lantaran Mbah Minto yang hidup sendirian muncul di video parodi gagal mudik yang diperankannya.

Video viral gagal mudik yang dibintangi Mbah Minto itu diunggah di channel Youtube milik Ucup. Dalam video itu dia berakting mengobrol dengan anaknya lewat ponsel sambil memasak.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Mbah Minto Klaten melarang anaknya mudik di tengah krisis pandemi corona. Dia meminta anaknya tetap berada di perantauan dan tidak mudik dengan catatan tetap mengirimkan uang ke kampung.

Sejak saat itulah nama Mbah Minto Klaten viral di media sosial. Akting wanita tua asal Selorejo RT005/RW 017, Krakitan, Bayat, Klaten, itu sukses mengocok perut warganet.

Round-Up Covid-19 Soloraya: Total 129 Kasus Positif, Klaten Masih 0 Kematian

Meski demikian Mbah Minto Klaten justru mengaku tidak tahu jika vlog yang dibintanginya viral. Dia mengaku hanya diminta menirukan gerakan atau kata-kata yang dibuat Ucup.

Kula niku mboten ngertos yen viral ten medsos [saya enggak tahu kalau viral di medsos]. Jarene tekan ngendi-ngendi [katanya sampai ke mana-mana], Jakarta, Lampung. Niku [pembuatan video] saking Mas Ucup [Mbah Minto hanya menirukan gerakan atau kata-kata yang sudah diminta Ucup di waktu sebelumnya],” kata Mbah Minto, saat ditemui di rumahnya.

Awal Mbah Minto Viral

Rupanya, ini bukan kali pertama Mbah Minto diajak membuat vlog oleh youtuber Ucup yang bernama asli Muhammad Sofyan itu. Keduanya ternyata bertetangga dan tinggal sekampung meski berlainan RT.

Awalnya Ucup memberikan uang Rp20.000 kepada Mbah Minto Klaten sebagai bayaran per konten video yang dibuat bersama. Seiring ramainya vlog Mbah Minto garapan Ucup, dia pun memberikan uang lebih yakni Rp200.000-Rp300.000 per konten.

Rekomendasi Destinasi Wisata Religi Favorit Di Solo

Ucup mengaku vlog yang dibintangi Mbah Minto membuat jumlah followers di Instagram dan subscriber di Youtube miliknya bertambah.

“Akun IG saya sebenarnya sudah 36 K followers. Saat ini, booming [setelah video dengn Mbah Minto viral]. Di waktu sebelumnya, subscriber saya sudah 105 K. Sekarang, semakin naik lagi. Video itu bisa viral karena temanya tentang musim corona yang meresahkan para pemudik [Ucup mulai menekuni pembuatan video sejak 1,5 tahun lalu]. Di waktu sebelumnya, saya juga sudah give away untuk folowers saya [pencapaian 100 K subscriber],” katanya kepada Solopos.com, Kamis (30/4/2020).

Pria Ngrampal Sragen Meninggal Diduga Kesetrum Jebakan Tikus di Sawah



Vlog yang dibintangi Mbah Minto Klaten sering viral di kalangan komunitas pencinta dagelan Jowo. Bahkan, akting Mbah Minto pernah dipuji maestro campursari Didi Kempot.

“Pas saya bertemu dengan Pakde Didi Kempot, yang bersangkutan bilang simbah keren, gokil, dan salut. Pakde sempat tanya ke saya, apakah simbah itu mantan teater. Saya jawab bukan. Di kesempatan itu, saya juga dikasih wejangan oleh pak dhe agar terus meningkatkan karyanya,” sambung Ucup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Gratis, Dishub Solo Minta Pemilik Kendaraan Rutin Uji Kir 6 Bulan Sekali

Gratis, Dishub Solo Minta Pemilik Kendaraan Rutin Uji Kir 6 Bulan Sekali
author
Rohmah Ermawati Jumat, 3 Mei 2024 - 09:45 WIB
share
SOLOPOS.COM - Ilustrasi uji kir kendaraan. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO– Dinas Perhubungan (Dishub) Solo meminta warga yang memiliki kendaraan bermotor wajib uji (KBWU) untuk rutin melakukan kir atau uji kelaikan kendaraan tiap enam bulan sekali. Lantaran saat ini pengujian kelaikan kendaraan bermotor sudah tidak berbayar per 1 Januari 2024.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Solo, Henry Satya kepada Solopos.com, Jumat (26/4/2024).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurut Henry, bila mengacu peraturan yang berlaku ada beberapa kendaraan yang diharuskan menjalani uji kir. “Pertama ada mobil dengan kapasitas lebih dari 8 tempat duduk, bus, mobil barang, mobil double cabin, travel, truk, pick up, dan kendaraan khusus seperti ambulance, mobil damkar, dan mobil jenazah,” terangnya.

Henry menambahkan bahwa uji kir ini punya fungsi penting karena berhubungan dengan laik dan tidaknya sebuah KBWU melintas di jalanan. Beberapa bagian yang dicek saat kir meliputi uji emisi, rem, akurasi penunjuk kecapatan, lampu-lampu, ban, kincup roda depan, kedalaman alur ban, kebisingan knalpot dan klakson, dan kemampuan rem parkir.

Koran Solopos

“Kir itu penting dilakukan rutin per enam bulan sekali. Agar saat dijalan kendaraan tersebut benar-benar prima dan yang paling penting tidak membahayakan pengendara lain misalnya karena rem blong, dan emisi gas buang yang tidak sesuai ketentuan dan sebagainya,” paparnya.

Henry menilai kesadaran warga Solo pemilik KBWU untuk rutin uji kir sudah cukup baik. Hanya saja pada 2023 lalu, sempat mengalami penurunan penguji karena saat itu masih berbayar.

“Saat ini jumlah KBWU di Solo ada sekitar 15.000 unit, dan sebagian besar sudah rutin ikut kir. Apalagi setelah adanya kebijakan penggratisan uji awal tahun lalu yang membuat peserta ujinya meningkat signifikan,” bebernya.

Emagazine Solopos

Namun, dalam keberjalannya Henry juga tidak sedikit menemui pemilik KBWU enggan melakukan uji kir secara rutin. Pertama faktor kesibukan karena kendaraanya dipakai bekerja tiap hari jadinya tidak ada waktu buat kir. Kedua faktor rendahnya kesadaran pemilik KBWU terkait pentingnya uji kir.

“Bagi yang tidak uji kir saat ini memang tidak ada denda atau penalti, namun bila saat dijalan dan terkena operasi atau razia maka bisa ditilang oleh petugas kepolisian,” ungkapnya.

Bagi warga Solo pemilik KBWU dan berniat ikut uji kir, menurut Henry caranya cukup mudah. Tinggal instal aplikasi E KIR DISHUB SOLO di Playstore.

Interaktif Solopos

Kemudian tinggal pilih menu daftar dan masukan plat nomor atau nomor kir dan pilih waktu kapan akan melakukan kir. Setelah itu tinggal datang ke Dishub Solo dengan membawa STNK.

“Proses kir tidak lama kurang lebih hanya 20 menit saja. Dan bila tidak ingin antre datang ke Dishub setelah pukul 10.00 WIB,” pungkasnya.

Kantor Dishub terletak di Jl. Menteri Supeno No.7, Manahan, Kec. Banjarsari, Solo. Layanan kir mulai pukul 08.00-15.00 setiap Senin-Jumat.



 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Erupsi Gunung Ruang, Aparat Gabungan Terus Lanjutkan Evakuasi Warga Terdampak

Erupsi Gunung Ruang, Aparat Gabungan Terus Lanjutkan Evakuasi Warga Terdampak
author
Newswire , 
Burhan Aris Nugraha Jumat, 3 Mei 2024 - 09:41 WIB
share
SOLOPOS.COM - Personel kepolisian bersama TNI AL mengevakuasi lansia untuk diungsikan menggunakan KRI Kakap-811 di Pelabuhan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis (2/5/2024). (Antara/Andri Saputra)

Solopos.com, SITARO — Aparat gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, dan pemerintah setempat melanjutkan proses evakuasi warga terdampak erupsi Gunung Ruang menggunakan KRI Kakap-811 di Pelabuhan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis (2/5/2024).

Proses evakuasi warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang terus dilakukan dengan melibatkan sejumlah armada kapal dari berbagai instansi dan jumlah warga yang diungsikan dari Pulau Tagulandang mencapai 3.792 orang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Suharyanto mengatakan sekitar 9.000 hingga 12.000 warga Pulau Ruang di radius tujuh kilometer harus diungsikan.

Koran Solopos

Gunung Ruang di Pulau Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara kembali berstatus awas level IV setelah kembali erupsi pada hari Selasa (30/4) pukul 02.35 WITA.

Warga menunggu kedatangan KRI Kakap-811 untuk mengungsi di Pelabuhan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis (2/5/2024). (Antara/Andri Saputra)

 

Emagazine Solopos

Personel TNI Angkatan Laut (AL) dan anggota SAR membantu warga untuk mengungsi menggunakan KRI Kakap-811 di Pelabuhan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Kamis (2/5/2024). (AntaraAndri Saputra)

Interaktif Solopos


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

10 Berita Terpopuler : 4 Kecelakaan Libatkan KA di Klaten-Penyebab Hawa Panas

10 Berita Terpopuler : 4 Kecelakaan Libatkan KA di Klaten-Penyebab Hawa Panas
author
Rohmah Ermawati Jumat, 3 Mei 2024 - 09:09 WIB
share
SOLOPOS.COM - Petugas PMI bersama sukarelawan dan polisi serta petugas KAI mengevakuasi jenazah korban tersambar KA di Desa Karanganom, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Kamis (2/5/2024). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN—Ulasan tentang PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta memberikan sejumlah imbauan menyusul banyaknya peristiwa kecelakaan yang melibatkan KA dalam dua hari terakhir di wilayah Kabupaten Klaten, Rabu-Kamis (1-2/5/2024), menjadi berita terpopuler laman Solopos.com, Jumat (3/5/2024) pagi.

Diberitakan Solopos hari ini, total ada empat kejadian kecelakaan melibatkan kereta api yang mengakibatkan empat orang meninggal dunia dalam dua hari tersebut. Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro, menjelaskan ada empat kejadian temperan pada KA pada Rabu-Kamis (1-2/5/2024).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Jumlah itu menambah panjang daftar kasus kereta api tertemper orang atau kendaraan selama Januari-Mei 2024 menjadi 18 kasus. Krisbiyantoro memerinci empat kejadian selama dua hari di wilayah Klaten tersebut menimpa KA Bungtalun Service, KA Sancaka, dan KA Mutiara Selatan yang tertemper pejalan kaki.

Lokasinya di jalur KA antara Stasiun Gawok hingga Klaten. Sementara KA Argo Wilis tertemper mobil di perlintasan sebidang KM 122+0 jalur hilir antara Stasiun Gawok-Delanggu.

Koran Solopos

“Dari kejadian yang berturut-turut tersebut, Daop 6 Yogyakarta mengajak untuk bersama-sama menjaga dan meningkatkan keselamatan baik keselamatan diri maupun yang paling utama adalah keselamatan kereta api yang membawa banyak nyawa,” kata Krisbiyantoro berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Kamis.

Krisbiyantoro mengingatkan agar warga maupun pengendara tetap waspada dan berhati-hati ketika menyeberang perlintasan KA. Ia mengakui kejadian penerobosan di perlintasan sebidang masih menjadi pemandangan yang sering dilihat.

Lantaran hal itu, dia berharap seluruh pihak turut menjaga keselamatan bersama yakni sabar dan taat terhadap tata tertib lalu lintas. “Tidak perlu terburu-buru saat melintasi perlintasan sebidang. Berhenti, tengok kanan kiri, pastikan aman, lalu silakan melintas atau jalan,” jelas Krisbiyantoro.

Emagazine Solopos

Ulasan tentang kecelakaan melibatkan kereta api terjadi di Klaten, kabar lain tentang warga Tasikmadu yang hilang ditemukan, penetapan caleg terpilih DPRD Sragen, Irak unggul atas Timnas U-23 Indonesia hingga perkembangan seputar Pilkada di Soloraya juga masuk daftar berita terpopuler pagi ini.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Jumat (3/5/2024) pagi:

4 Kecelakaan Libatkan KA dalam 2 Hari di Klaten, PT KAI Beri Sejumlah Imbauan

Interaktif Solopos

Dilaporkan Hilang, Warga Tasikmadu Karanganyar Ditemukan dalam Kondisi Linglung

Tok! KPU Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih DPRD Sragen

Justin Hubner Blunder, Irak Unggul 2-1 atas Timnas U-23 Indonesia



Merasa Hawa Udara Lebih Panas Akhir-akhir Ini? Berikut Penjelasan BMKG

Diantar Seratusan Kader PDIP, Her Suprabu Daftar Bakal Cawali Solo 2024

PKS Solo Tolak Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

Gibran Sebut Sudah Punya Peta Jalan Politik ke Depan

PKB Pagari Calon Luar Partai untuk Maju Pilkada Karanganyar

KPU Tetapkan 45 Caleg Terpilih DPRD Solo 2024, Ini Daftarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories