SOLOPOS.COM - Proses pembacaan rekapitulasi perolehan suara yang digelar KPU Sragen di Gedung IPHI Krapyak, Sragen, Rabu (28/2/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen menetapkan rekapitulasi hasil perolehan suara partai politik (parpol) dalam Pemilu 2024 di tujuh kecamatan dalam Rapat Pleno Terbuka yang dihelat Rabu (28/2/2024) di Gedung IPHI Krapyak Sragen.

Dari tujuh kecamatan itu, tiga kecamatan di antaranya masuk wilayah daerah pemilihan (dapil) Sragen 5 yang memiliki tujuh kursi. Ketua KPU Sragen Prihantoro P.N. kepada Solopos.com, Kamis (29/2/2024), menyampaikan rapat pleno pada hari pertama, Rabu, bisa menyelesaikan tujuh kecamatan sampai pukul 18.00 WIB.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dia menyebut ketujuh kecamatan yang sudah ditetapkan itu terdiri atas Kecamatan Kalijambe, Plupuh, Masaran, Kedawung, Sambungmacan, Gondang, dan Sambirejo. Tiga kecamatan terakhir merupakan wilayah Dapil Sragen 5.

“Hari kedua ini, rapat pleno berlanjut mulai pukul 08.30 WIB. Targetnya bisa menyelesaikan sembilan kecamatan. Hasil rekapitulasi yang ditetapkan KPU di tujuh kecamatan itu datanya sama dengan data rekapitulasi suara dalam Sirekap,” jelas Prihantoro.

Calon anggota legislatif (caleg) Dapil Sragen 5 dari Partai Nasdem, Bambang Widjo Purwanto, mengawal suaranya hingga rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat KPU.

“Pleno terbuka KPU Dapil 5 sudah ketok palu. Datanya tidak ada perubahan. Nasdem tetap mendapat 6.470 suara,” jelasnya.

Berdasarkan hasil rekapitulasi di Kecamatan Gondang, Sambirejo, dan Sambungmacan itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendapat 28.824 suara, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mendapat 12.209 suara, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapat 10.310 suara, Partai Golkar mendapat 9.645 suara, Partai Gerindra mendapat 8.123 suara, dan Nasdem mendapat 6.470 suara.

Hanya enam parpol tersebut yang mendapat kursi di DPRD Sragen.

Komposisi Jumlah Kursi di Dapil Sragen 5

Partai Politik   Jumlah Suara   Jumlah Kursi   Peluang Caleg Jadi              

PDI Perjuangan   29.824 suara   2 kursi   Suyanto dan Evi Yudamita Pilaratunggal

PKS   12.209 suara   1 kursi    Agung Aji Kuncoro

PKB   10.310 suara   1 kursi    Bombong Lukito Samudro

Partai Golkar   9.645 suara   1 kursi   Taufik Purwoko

Partai Gerindra 8.123 suara    1 kursi   Joko Supriyanto

Partai Nasdem   6.470 suara    1 kursi   Bambang Widjo Purwanto

Jumlah                                               7 kursi

Sumber: Diolah dari data pemilu2024.kpu.go.id dan penetapan KPU Sragen. (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya