SOLOPOS.COM - Sat Binmas Polres Wonogiri menggelar penyuluhan keliling (penling) larangan pembakaran hutan dan lahan di lingkungan sekitar Gunung Gandul, Selasa (15/8/2023). (Istimewa/Polres Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRI — Sat Binmas Polres Wonogiri menggelar penyuluhan keliling (penling) larangan pembakaran hutan dan lahan di lingkungan sekitar Gunung Gandul, Selasa (15/8/2023).

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi dan mencegah sejak dini terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), 

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kegiatan yang dipimpin oleh KBO Sat Binmas Polres Wonogiri Ipda Suyoto itu menyasar lingkungan Gerdu, lingkungan Joho, lingkungan Gandul, lingkungan Keron, lingkungan Grobog, dan Dusun Sumber serta Dusun Kedungareng.

Sosialisasi diharapkan memberi pemahaman kepada masyarakat tentang akibat yang ditimbulkan apabila sampai terjadi pembakaran hutan dan lahan.

Di antaranya kerusakan ekosistem dan lingkungan, selain itu juga memunculkan asap yang dapat membahayakan kesehatan.

“Kemudian apabila sudah timbul kabut asap akan mempengaruhi jarak pandang yang berpengaruh pada transportasi darat, laut dan udara,” terang Sunyoto, dilansir laman Tribratanews Polres Wonogiri, dikutip Rabu (16/8/2023).

Kapolres Wonogiri AKBP melalui Kasi Humas AKP Anom Prabowo, berharap melalui penyuluhan tersebut masyarakat tak lagi membakar sampah atau lahan sembarangan yang bisa merembet dengan cepat hingga meluas.

“Masyarakat dapat saling mengingatkan untuk tidak membakar sisa pertanian apabila akan berkebun atau bercocok tanam. Kami berharap ke depan tidak ada lagi kebakaran di wilayah Wonogiri,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya