SOLOPOS.COM - Pelukis asal Bade, Klego, Boyolali, Ki Djoko Sutedjo, menjelaskan tentang makna lukisan Jenderal Sudirman kepada siswa SD setempat di peringatan HUT ke-78 TNI di galerinya, Kamis (5/10/2023). (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Pelukis senior asal Bade, Klego, Boyolali, Ki Djoko Sutedjo, menggelar pameran lukisan di galerinya, Kamis (5/10/2023). Pameran digelar untuk ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dalam pameran tersebut, turut diundang perwakilan Koramil Klego dan 100-an murid SD untuk melihat karya-karya pelukis senior tersebut. Ada 30 lukisan Ki Djoko yang dipamerkan mulai dari lukisan Presiden Joko Widodo, Punakawan, Pandawa Lima, Garuda Pancasila, hingga lukisan pahlawan nasional Jenderal Sudirman.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Akan tetapi, lukisan yang paling mendapatkan perhatian adalah yang bergambar Jenderal Sudirman. Banyak siswa yang datang bergerombol di lukisan tersebut.

Ki Djoko menyampaikan kegiatan pameran lukisan di Klego, Boyolali, tersebut sebagai wujud partisipasinya selaku masyarakat dalam menghormati peran TNI bagi kesatuan dan keutuhan bangsa. Ia telah aktif menjadi pelukis sejak 1990-an.

Sejak saat itu, Djoko melatih kepekaannya untuk selalu menghormati berbagai pihak, termasuk TNI. “Ini tadi anak-anak SD banyak yang melihat, kami beri penjelasan singkat tentang Jenderal Sudirman sekaligus momennya berdekatan dengan Kesaktian Pancasila,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com seusai acara, Kamis.

Lebih lanjut, Djoko menjelaskan dipilihnya lukisan Jenderal Sudirman sebagai primadona dalam acara tersebut karena secara pribadi dia mengagumi sosok Sudirman. Djoko menilai sosok Sudirman sebagai jenderal yang pantang menyerah di segala medan.

Bahkan, Jenderal Sudirman juga ditandu saat perang gerilya. Hal-hal tersebut sengaja dipamerkan dan dijelaskan kepada para siswa SD yang datang.

“Jenderal Sudirman ini jenderal pertama di Indonesia, beliau punya sifat pantang menyerah dalam melawan penjajah. Saya ingin sifat ini dapat menginspirasi anak-anak saat ini,” kata dia.

Lebih lanjut, Djoko berharap anak-anak yang hidup di era masa kini bisa menghormati jasa-jasa para tentara Indonesia yang telah berjuang mempertahankan kedaulatan Indonesia sejak 78 tahun lalu. “Saya juga berharap sifat Jenderal Sudirman dapat terus tumbuh di hati dan dicontoh para prajurit TNI saat ini,” kata dia.

Sementara itu, Kades Bade, Haryono, mengapresiasi kegiatan pameran lukisan yang diadakan Ki Djoko Sutedjo. Ia menjelaskan Ki Djoko Sutedjo aktif menggelar pameran dalam berbagai kesempatan.

Haryono mempersilakan Ki Djoko untuk terus mengadakan pameran di sekitar Bade. Diketahui, Ki Djoko pernah melakukan kegiatan pameran lukisan di sekitar Waduk Bade.

“Saya tentu mengapresiasi hal tersebut karena bisa ikut meramaikan di lingkup Kecamatan Klego dan memperkenalkan nama Bade ke kancah yang lebih luas,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya