SOLOPOS.COM - Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati (kanan), meninjau stan Pameran Inovasi Kesehatan (Pikes) 2023 di Alun-alun Sasana Langen Putra, pada Rabu (15/11/2023). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo).

Solopos.com, SRAGEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menggelar Pameran Inovasi Kesehatan (Pikes) 2023 di Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen pada Rabu (15/11/2023). Pameran ini dimeriahkan 30 stan yang menampilkan beragam invoasi.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, menguraikan inovasi yang dipamerkan di Pikes 2023 diharapkan bisa menjawab persoalan yang dihadapi masyarakat terutama di bidang kesehatan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dalam pameran itu ada inovasi pelayanan puskesmas yang berfokus mendeteksi tuberkulosis (TB) dan HIV.  “Ada yang fokus pada pencegahan stunting, dengan cara monitoring bayi,” ujar Yuni saat ditemui awak media. Ia berharap inovasi yang dihadirkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sragen, Udayanti Proborini, menjelaskan Pikes 2023 ini bertujuan memotivasi pengelola fasilitas pelayanan kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit untuk terus berlomba berinovasi membuat layanan semakin cepat dan mudah.

Dari 30 stan yang ada, sebanyak 25 di antaranya berasal puskesmas, tiga rumah sakit, dan satu PSC 119 Sukowati.

Dalam kesempatan yang sama, Dinkes Sragen bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sragen meluncurkan inovasi berupa E-Clinic. Ini adalah aplikasi digital untuk mempermudah mengurus izin klinik baik tingkat pratama hingga utama. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengurus perpanjangan izin operasional klinik.

Pikes 2023 juga dimeriahkan dengan lomba karaoke dan puncaknya pada nanti malam bakal menggundang Sinden asal Kota Kediri, Niken Salindry. Acara ini gratis dan terbuka untuk umum.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sragen, Hargiyanto menambahkan Pikes 2023 juga bisa menjadi ajang saling tukar informasi layan kesehatan. “Mudah-mudahan bisa saling mereplikasi ilmu masing-masing,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya