SOLOPOS.COM - Pemuda Tani Indonesia (PTI) Klaten dan sekitarnya mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo-Gibran jadi Capres-cawapres di area persawahan Desa Jatipuro, Kecamatan Trucuk, Jumat (18/10/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Pemuda Tani Indonesia (PTI) Klaten dan sekitarnya mendeklarasikan dukungan mereka kepada Prabowo Subianto untuk maju menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Selain itu, mereka juga mendorong Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bersedia maju menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Deklarasi itu dilakukan seusai peresmian Gubuknas PTI di Klaten yang berlokasi di Desa Jatipuro, Kecamatan Trucuk, Jumat (13/10/2023) sore. Deklarasi dilakukan di area persawahan tak jauh dari Gubuknas.

Deklarasi dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 itu diikuti perwakilan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Pemuda Tani Indonesia, pengurus tingkat Jawa Tengah, serta pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PTI Klaten.

”Hari ini kami menunjukkan sikap kami sebagai Pemuda Tani Indonesia baik Klaten maupun daerah sekitarnya Sukoharjo, Solo, Boyolali menyatakan dukungan ke Pak Prabowo Subianto sebagai capres dan sesungguhnya kami meminta kesediaan Wali Kota Solo [Gibran Rakabuming Raka] untuk menjadi cawapres,” kata Wakil Ketua Umum DPP PTI, Yeremias Ndoen, saat ditemui wartawan seusai deklarasi.

Yeremias Ndoen menyatakan alasan mereka mendukung Prabowo maju menjadi capres lantaran sejak lama Prabowo memperjuangkan urusan kesejahteraan petani. “Itu sudah sejak lama beliau suarakan. Bisa dicek jejak digitalnya bagaimana beliau memperjuangkan petani sejak masih di HKTI bahkan sejak sebelumnya,” kata dia.

Yeremias Ndoen yakin urusan kesejahteraan petani bisa diselesaikan termasuk persoalan regenerasi petani di Indonesia bisa tercapai jika Prabowo menjadi Presiden. Hal itu menjadi cita-cita dari PTI.

Sementara alasan Pemuda Tani Indonesia di Klaten mendukung Gibran sebagai cawapres pendamping Prabowo lantaran putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut memilik rekam jejak yang baik sebagai Wali Kota Solo.

Alasan Mendukung Gibran

“Beliau juga anak muda. Ini sesuatu yang sangat menarik dan punya hubungan yang kuat dengan kami sebagai anak-anak muda. Kami jelas mendukung beliau dengan sejumlah alasan yang menurut kami sangat rasional,” kata Yeremias Ndoen yang juga penggagas Gubuknas.

Yeremias Ndoen mengatakan Pemuda Tani Indonesia bakal menggalang dukungan dari para petani. Dia juga berharap mereka bisa mengajak keluarga serta lingkungan mereka untuk bergerak bersama mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

Dia menjelaskan di Klaten pengurus Pemuda Tani Indonesia sudah tersebar di 26 kecamatan dan 70 persen desa di Klaten. Pengurus itu sudah membentuk kelompok-kelompok tani.

Yeremias Ndoen mengatakan PTI sebelumnya menjadi badan otonom Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI). Kemudian PTI berdiri sendiri sebagai organisasi kepemudaan. Fokus kegiatan Pemuda Tani Indonesia yakni pada kesejahteraan petani serta regenerasi petani. Selain itu ada kegiatan-kegiatan pelatihan pertanian yang digelar PTI.

Ketua DPC Pemuda Tani Indonesia Klaten, Kentar Arianto, mengatakan saat ini sudah terbentuk kepengurusan yang tersebar di 26 kecamatan. Jumlah anggota Pemuda Tani Indonesia di Klaten lebih dari 1.000 orang.

Salah satu fokus kegiatan Pemuda Tani Indonesia di Klaten yakni mendorong regenerasi petani. Selain itu, ada beberapa kegiatan pelatihan terkait pertanian salah satunya belum lama ini menggelar sekolah iklim pertanian belum lama ini.

“Tujuan kami adalah bagaimana mendorong bahwasanya pertanian memiliki prospek kehidupan yang lebih baik,” kata Kentar.

Dia menjelaskan Gubuknas yang ada di Jatipuro dibangun sebagai tempat untuk menyampaikan aspirasi mereka. Tak hanya aspirasi di bidang pertanian, Gubuknas itu menjadi tempat untuk menyerap aspirasi dari berbagai bidang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya