SOLOPOS.COM - Personel Polres Wonogiri mengikuti apel siaga pengamanan Pemilu 2024 di Alun-alun Giri Krida Bakti, Wonogiri, Selasa (13/2/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Aparat Polres bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Wonogiri menggelar apel siaga pengamanan Pemilu 2024 di Alun-Alun Giri Krida Bakti Wonogiri, Selasa (13/2/2024).

Apel itu sekaligus dalam rangka memberangkatkan personel polisi untuk menjaga tempat pemungutan suara (TPS). Rencananya, pengamanan diatur dengan dua personel kepolisian menjaga 16 TPS bersama 32 personel perlindungan masyarakat (linmas).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kapolres Wonogiri, AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, mengatakan apel itu sebagai bentuk kesiapan personel dan sarana prasarana sebelum anggota melaksanakan pengamanan di TPS. Mereka akan bertugas selama tiga hari, Selasa-Kamis (13-15/2/2024).

Dia berharap para personel itu bisa segera beradaptasi di lingkungan tempat mereka bertugas, termasuk mengenali rekan petugas Linmas dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

Menurut Indra, ada 492 personel Polres Wonogiri yang disebar untuk mengamankan 3.910 TPS. Mereka terdiri atas 407 personel Polres Wonogiri dam 85 personel bawah kendali operasi (BKO) Polda Jateng.

Selain itu ada 7.820 personel Linmas serta 175 personel TNI yang akan menjaga kondusivitas keamanan selama pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024. “Setiap dua personel polisi akan menjaga 16 TPS bersama 32 anggota Linmas,” kata Indra.

Dia menambahkan para personel yang bertugas itu harus fokus menjalankan pengamanan Pemilu 2024 di Wonogiri. Kapolres juga meminta para personel menjaga netralitas.”Mereka juga kami larang mencatat hasil penghitungan suara. Sebab harus fokus pada pengamanan,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri, Satya Graha, mengatakan logistik Pemilu 2024 sudah mulai didistribusikan ke TPS-TPS dari Panitia Penyelenggara Pemilu (PPS) di desa.

Para personel PPS dan KPPS tengah menyiapkan pelaksanaan untuk pencoblosan pada Rabu (14/2/2024). “Hari ini logistik Pemilu sudah mulai didistribusikan ke TPS-TPS,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya