SOLOPOS.COM - Warga Kelurahan/Kecamatan Wuryantoto, Wonogiri, Edi Herlambang, mendeklarasikan diri maju sebagai calon Bupati Wonogiri pada Pilkada 2024. Deklarasi dilakukan di rumahnya, Kelurahan Wuryantoro, Jumat (6/10/2023). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Salah satu warga Kelurahan/Kecamatan Wuryantoro, Edi Herlambang, 44, mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon Bupati Wonogiri pada Pilkada 2024. Deklarasi dilakukan di rumahnya, Kelurahan/Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri, Jumat (6/10/2023).

“Pada hari ini saya meniatkan maju sebagai calon Bupati Wonogiri 2024. Semua ini saya niatkan untuk kemajuan tanah kelahiran saya, Wonogiri,” kata Edi kepada wartawan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Edi mengklaim akan maju sebagai bakal calon Bupati Wonogiri pada Pilkada 2024 melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Meski belum menjalin hubungan intens dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Wonogiri, ia mengaku sudah menjadi kader atau anggota berlambang banteng tersebut.

Dia menyampaikan akan mengikuti proses penjaringan dan penyaringan calon bupati Wonogiri sesuai dengan mekanisme yang berlaku di internal PDIP. Menurutnya, penentuan calon bupati merupakan kewenangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

“Tetapi sebagai etika politik, saya akan sowan ke DPC [PDIP Wonogiri], menjalin komunikasi. Sudah saya jadwalkan ke sana karena mereka sebagai pemangku,” kata dia.

Edi memiliki latar belakang sebagai pengusaha properti di Jakarta. Pria itu mengaku tergerak untuk kembali ke kampung halaman dan membangun Wonogiri.

Alasan lain, Edi mengaku didorong dan didukung teman, sahabat, dan banyak tokoh masyarakat untuk memajukan Wonogiri. “Niatan kami untuk lebih berguna bagi tanah kelahiran,” ucap dia.

Selain dari PDIP, sambung Edi, sudah ada parpol yang mendukung dia untuk maju sebagai calon Bupati Wonogiri pada Pilkada 2024, yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Menurut Edi, untuk menyejahterakan Wonogiri, perlu industrialisasi di seluruh kecamatan. Hal itu menjadi kunci mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. “Maka harus ada investasi,” katanya.

Dia optimistis bisa mendapatkan rekomendasi dari DPP menjadi calon Bupati Wonogiri 2024. Komunikasi politik kepada partai-partai di Wonogiri pun bakal dijalin.

“Yang jelas saya orang PDIP. Saya ber-KTA [kartu tanda anggota] PDIP,” kata pria yang ingin disapa Mas Edi itu.

Seperti diketahui, Bupati Wonogiri saat ini, Joko Sutopo, sudah memasuki masa jabatan kedua, sehingga sesuai aturan sudah tidak bisa lagi maju sebagai incumbent pada Pilkada 2024.

Di sisi lain, PDIP sebagai pemegang kursi mayoritas di DPRD Wonogiri berhak mengusung pasangan calon bupati dan calon wakil bupati sendiri. Namun, sebelum Edi Herlambang, belum muncul nama lain yang menyatakan bakal maju sebagai calon bupati atau wakil bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya