SOLOPOS.COM - Koordinator Nasional Relawan Bolone Mase, Kuat Hermawan Santoso, menyerahkan tumpeng ke relawan Dulur Gibran saat peresmian posko di Klaten, Selasa (7/11/2023). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Relawan pendung Gibran Rakabuming Raka, Bolone Mase, optimistis bisa meraup 40 persen suara untuk kemenangan pasangan bakal calon presiden (capres)-bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo-Gibran di Jawa Tengah (Jateng) pada Pilpres 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Koordinator Nasional Relawan Bolone Mase, Kuat Hermawan Santoso, saat ditemui wartawan seusai peresmian posko relawan Dulur Gibran Klaten di Kelurahan Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Selasa (7/11/2023) sore.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Sejak awal kami sadari di Jateng pertarungan ramai. Kami menargetkan 40 persen [untuk kemenangan pasangan Prabowo-Gibran] di Jateng. Ini memang harus kerja keras semua sukarelawan bersama partai politik,” kata Kuat.

Kuat menjelaskan para sukarelawan bekerja bareng bersama komponen partai politik (parpol) pengusung pasangan Prabowo-Gibran agar menang di Pilpres 2024. “Komponen parpol dan relawan bekerja saling menopang, bekerja sama,” jelas Kuat.

Kuat mengatakan antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk memberikan dukungan kepada Gibran yang mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres mendatang. Dia menjelaskan ketika Gibran hadir di berbagai kegiatan, antusiasme warga sangat tinggi.

“Beberapa agenda yang dilakukan sukarelawan tanpa kehadiran Gibran sangat luar biasa. Kemudian banyak masyarakat baik individu maupun kelompok itu menyatakan dukungan ke Mas Gibran via medsos [media sosial], via japri [pesan pribadi] kami maupun tim di lapangan,” jelas Kuat.

“Alhamdulillah semakin hari gelombang [dukungan] ini semakin besar. Insyaallah, semoga bisa tercapai target suara 40 persen suara di Jateng,” imbuhnya.

Kuat menjelaskan saat ini ada 11 kelompok sukarelawan pendukung Gibran yang tersebar di berbagai kabupaten/kota seluruh Indonesia. Di Pulau Jawa, hampir seluruh kabupaten/kota sudah terbentuk kelompok sukarelawan.

Sikap soal Putusan MKMK

Begitu pula dengan wilayah luar Jawa ia sebut juga sudah banyak sukarelawan pendukung Gibran. “Kami berterima kasih dengan terbentuknya relawan Dulur Gibran di Klaten. Semakin menguatkan Mas Gibran dengan hadirnya banyak relawan di banyak kota. Relawan Dulur Gibran ini relawan baru yang berdiri sekitar dua pekan lalu,” jelas Kuat.

Peresmian posko di Klaten dihadiri sekitar 300 orang. Sedianya, peresmian posko Relawan Dulur Gibran di Klaten dihadiri langsung oleh putra sulung Presiden Jokowi itu.

Namun, Kuat menjelaskan Gibran yang masih menjabat sebagai Wali Kota Solo harus mengikuti rapat paripurna di DPRD Solo hingga Selasa sore. Kehadiran Gibran dalam peresmian sekaligus konsolidasi sukarelawan itu kemudian diwakili Kuat.

Disinggung sidang putusan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) terkait dugaan pelanggaran etik hakim Mahkamah Konstitusi (MK) saat memutus perkara tentang syarat capres dan cawapres, Kuat menghormati putusan MKMK.

Namun, menurutnya, sidang etik itu tak akan mempengaruhi putusan MK terkait batas usia capres-cawapres. Koordinator Relawan Dulur Gibran Klaten, Widjajanto, mengatakan saat ini sudah terbentuk koordinator di semua kecamatan dan desa di Klaten.

Anggota sukarelawan terdiri dari berbagai unsur yang menyatakan kesiapan mereka secara ikhlas untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Pria yang akrab disapa Timbul itu juga menegaskan siap melaksanakan pesta demokrasi ini secara damai.

“Dalam garis besar relawan memberikan contoh dan teladan melaksanakan pesta demokrasi yang baik dan benar sesuai arahan KPU dan semua unsur terkait. Untuk itu kami mohon dengan sangat untuk semua relawan jangan sampai ada benturan yang bersifat anarkis maupun kekerasan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya