SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pemilu. (freepik)

Solopos.com, KLATEN – Calon presiden (capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo, menyerahkan kepada rakyat soal Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 bakal berlangsung satu atau dua putaran. Dia menegaskan tim pemenangannya bersama cawapres Mahfud Md bertekad memenangi Pilpres satu putaran.

“Orang boleh bicara satu atau dua putaran. Masing-masing akan mendorong kekuatan sendiri-sendiri. Tim kami ingin satu putaran, lantas kami bekerja keras,” kata Ganjar saat ditemui wartawan di Desa Mireng, Kecamatan Trucuk, Klaten, Rabu (27/12/2023).

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ganjar mengatakan penentu Pilpres satu atau dua putaran berada di rakyat. “Maka hasil akhirnya rakyat yang akan menentukan. Kalau tidak bisa mencapai 50 persen lebih, artinya dua putaran. Jadi semua berlomba-lomba. Maka sekarang membangun image masing-masing sehingga terjadi opini-opini publik dan itu biasa,” kata Ganjar.

Kunjungan ganjar ke Klaten pada Rabu untuk bertemu dengan para petani tembakau di Kecamatan Trucuk. Selain ke Trucuk, Ganjar menuju ke Objek Mata Air Cokro (OMAC) berdiskusi dengan pegiat wisata dan Bumdes.

Selanjutnya, Ganjar menggelar sarasehan dengan generasi milenial, generasi Z, influencer, serta sukarelawan muda di Pendapa Tirto Kusumo Grha Bung Karno Klaten.

Seperti diketahui, ada tiga kandidat calon presiden dan wakil presiden yang diusung oleh gabungan partai politik untuk bertarung di ajang Pilpres 2024. Capres-cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yang diusung koalisi Partai Nasdem, PKS, dan PKB.

Kemudian nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, diusung koalisi Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PBB, Partai Garuda, dan Partai Gelora.

Terakhir nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud Md, diusung koalisi PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura. Hasil survei elektabilitas sejauh ini belum ada pasangan calon yang bisa menembus perolehan suara di atas 50% sehingga kemungkinan besar Pilpres akan berlangsung dua putaran.

Berdasarkan hasil simulasi Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada Desember 2023 tentang pergerakan arah dukungan publik jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran, elektabilitas pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming menjadi yang tertinggi dengan 45,6%.

Kemudian disusul pasangan calon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md di tempat kedua dengan 23,8% dan pasangan calon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 22,3%. Dari survei itu, LSI memperkirakan paslon nomor urut 02 masuk putaran kedua berdasarkan hasil survei terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya