SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelajar SMP. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO-Pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP tahun ajaran 2024/2025 di Sukoharjo diawali dengan verifikasi piagam mulai 10-12 Juni. Hingga Rabu (12/6/2024) pukul 13.00 WIB, tercatat 382 calon siswa baru mengajukan piagam akademik maupun nonakademik yang akan diverifikasi panitia PPDB.

Mekanisme pendaftaran calon siswa baru tak berbeda jauh dibanding saat pelaksanaan PPBD jenjang SMP tahun lalu. Pendaftaran calon siswa baru dilakukan secara online. Pelaksanaan PPDB jenjang SMP menggunakan empat jalur yakni lingkungan zonasi (lingkungan dan reguler), afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pelaksanaan pendaftaran PPDB diawali dengan verifikasi piagam selama tiga hari mulai 10-12 Juni. “Hingga pukul 13.00 WIB, calon siswa baru yang mengajukan piagam sebanyak 382 orang. Masih ada tambahan beberapa calon siswa baru hingga ditutup pada sore hari,” kata Pejabat Fungsional Pengembang Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdkbud) Sukoharjo, saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu (12/6/2024).

Dibanding saat pelaksanaa PPDB pada 2023, jumlah calon siswa baru yang mengajukan piagam penghargaan pada 2024 jauh lebih besar. Pada tahun lalu, jumlah calon siswa baru yang mengajukan piagam penghargaan sebanyak 257 orang.

Piagam penghargaan itu bakal diverifikasi oleh panitia dengan mengacu pada ketentuan dalam PPDB jenjang SMP. “Sebagai contoh diatur piagam lomba atau kompetisi berjenjang dan tidak berjenjang. Jika piagam penghargaan level internasional sudah pasti diterima. Kemudian, piagam yang dihitung untuk mendapatkan tambahan nilai mulai dari level kabupaten, provinsi, nasional, dan internasional. Kalau levelnya hanya kecamatan tidak akan dihitung dalam proses verifikasi,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Sukoharjo Heru Indarjo mengatakan pelaksanaan PPDB SMP dibagi dua tahap. Tahap I dilaksanakan 24-25 Juni untuk jalur lingkungan, afirmasi, dan disabilitas. Calon siswa baru yang dinyatakan diterima diumumkan dan daftar ulang pada 26 Juni.

Sedangkan, pelaksanaan PPDB tahap II untuk jalur zonasi, prestasi dan perpindahan tugas orang tua dilaksanakan pada 27-28 Juni. Calon siswa baru yang diterima diumumkan pada 1 Juli yang dilanjutkan dengan daftar ulang pada 1-2 Juli. “Pelaksanaan PPDB SMP di Sukoharjo menjunjung tinggi prinsip transparansi dan akuntabilitas. Dan tidak dipungut biaya alias gratis,” ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya