SOLOPOS.COM - Tiang listrik di Desa Tuban, Kecamatan Gondangrejo ambruk setelah diterjang angin puting beliung pada Senin (26/2/2024). (Istimewa/BPBD Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Bencana angin puting beliung menerjang dua desa di Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar pada Senin (26/2/2024) sore. Akibatnya sejumlah tiang listrik ambruk, bahkan mengenai bangunan rumah warga. Selain itu ada juga reklame yang tumbang.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Hendro Prayitno, mengatakan dua desa tersebut yakni Tuban dan Kragan. Puting beliung menerjang sekitar pukul 17.00 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Saat itu wilayah setempat diguyur hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang. “Dari laporan yang kami terima sementara ada tiga tiang listrik ambruk di Tuban. Satu tiang listrik ambruk mengenai rumah warga,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin petang.

Selain tiang listrik, dilaporkan juga papan reklame di pinggir jalan Desa Tuba ada yang roboh. Akibat kejadian ini arus lalu lintas ditutup.

BPBD berkoordinasi dengan PLN untuk mematikan aliran listrik dan melakukan evakuasi tiang listrik yang ambruk. Bencana angin puting beliung juga menerjang wilayah Desa Kragan. Namun untuk Desa Kragan, angin puting beliung hanya menumbangkan sejumlah pohon.

“Yang paling terkena dampak besar angin puting beliung, di wilayah Desa Tuban. Reklame dan tiang listrik ambruk,” katanya.

Hingga kini proses evakuasi tiang listrik masih berlangsung. Hendro meminta warga untuk mewaspadai potensi ancaman hujan disertai angin kencang hingga akhir bulan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya