SOLOPOS.COM - Penampilan polisi cilik (Pocil) SD Negeri 2 Lalung membuka kegiatan Gelis di Alun-alun Karanganyar pada Kamis (21/9/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Ribuan siswa sekolah dasar (SD) Daerah Binaan (Dabin) 1 Karanganyar memeriahkan Gelar Literasi dan Senam (Gelis) di Alun-alun Karanganyar pada Kamis (21/9/2023).

Para siswa ini berkumpul di lapangan sejak pukul 07.00 WIB. Kegiatan dimulai dengan penampilan Polisi Cilik (Pocil) SD Negeri 2 Lalung, Karanganyar.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Yophi Eko Jatiwibowo membuka acara tersebut. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan senam bersama.

Ribuan siswa tampak antusias mengikuti senam bersama tersebut. Mereka mengikuti setiap gerakan instruktur yang ada di atas panggung.

Tak hanya senam bersama, dalam kegiatan itu para siswa juga diajak membaca buku yang dibawa dari rumah masing-masing. Puncaknya, para siswa saling tukar-menukar kado.

Kepala Disdikbud, Yophi Eko Jatiwibowo, menyampaikan kegiatan ini mampu menumbuhkan budaya literasi yang tengah dibangun di Karanganyar. Para siswa akan semakin senang untuk membaca buku.

Menurutnya usia anak sekolah dasar menjadi fase penting pertumbuhan fisik, psikologis dan sosial. Karenanya pembinaan dan perawatan ketiga hal itu menjadi perhatian utama pihak orangtua maupun guru.

“Maka selain memberikan pendidikan literasi, kegiatan senam bersama layak dilakukan di masa SD,” kata Yophi.

Ketua Kelompok Kerja Guru (KKG) Dabin I Gugus Raden Mas Said Karanganyar, Muhammad Sholeh, mengatakan kegiatan Gelis diikuti sebanyak 3.100 siswa dari 12 SD di wilayah tersebut. Kegiatan ini digelar sebagai puncak jeda semester I yang diikuti siswa kelas 1 hingga enam.

Rangkaian kegiatannya di antaranya senam bersama, membaca buku dan tukar-menukar kado.

“Tukar menukar kado ini cukup unik. Hadiah yang diberikan nilainya maksimal Rp10.000,” kata dia.

Dia mengatakan Gelis digelar selain untuk mengasah otak kanan anak juga merekatkan keluarga besar Dabin I Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya