SOLOPOS.COM - Wahana kereta luncur di Edupark Intanpari resmi diluncurkan pada Jumat (3/11/2023) petang. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Setelah sempat tertunda, wahana Derkuku Roller Coaster (kereta luncur) di Edupark Intanpari Karanganyar akhirnya resmi diluncurkan pada Jumat (3/11/2023) petang. Wahana pemicu adrenalin ini diluncurkan beberapa jam sebelum jabatan Bupati Karanganyar Juliyatmono berakhir.

Juliyatmono dan sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkab Karanganyar menjajal wahana tersebut. Bupati memastikan wahana tersebut aman dinaiki anak-anak. “Cukup lama untuk bisa membuat kereta luncur ini beroperasi karena perlu dilakukan pengujian yang matang. Kita hitung benar pengamanannya,” kata Bupati yang akrab disapa Yuli ini.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ia berharap Edupark Intanpari terus berbenah. Pengembangan kawasan wisata pelat merah tersebut harus dilakukan di berbagai sektor. Menurutnya lokasi Edupark Intanpari cukup strategis karena berada di tengah kota dan berada di jalur  alternatif dari jalan tol ke wilayah Tawangmangu.

Hadirnya wahana permainan baru ini, dinilainya akan menambah daya tarik bagi pengunjung di objek wisata air milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar.

“Kita sudah memberikan penyertaan modal senilai Rp6 miliar untuk Perusahaan Umum Daerah (PUD) Aneka Usaha selalu pengelola Edupark Intanpari,” kata dia.

Direktur Utama PUD Aneka Usaha selaku pengelola Edupark Intanpari, Samidi, mengatakan Derkuku Roller Coaster berada di sisi barat kolam keceh. Kereta luncur ini di bangun sepanjang 240 meter. Kapasitas 10 orang dengan berat maksimal per penumpang 70 kilogram (kg).

“Sudah ada sertifikasi keamanan. Untuk [harga] tiketnya masih kita kaji,” kata dia.

Samidi mengatakan Edupark Intanpari bisa menjadi alternatif bagi pengunjung. Dari segi keamanan, wahana Derkuku Roller Coaster dinilai aman setelah melalui berbagai rangkaian uji coba.

Jalur kereta luncur ini juga ditopang rangka khusus. Tiket wahana inipun sudah dilengkapi dengan asuransi. Harga tiket menikmati wahana Derkuku Roller Coaster masih dibahas lebih lanjut.

“Tiketnya belum diputuskan berapa. Tapi yang jelas tiket terpisah dari tiket masuk ke Intanpari,” katanya.

Tiket masuk Edupark Intanpari pada hari biasa ditetapkan Rp10.000/orang. Sementara akhir pekan (weekend) atau libur nasional Rp15.000/orang. Dengan tiket masuk itu, pengunjung bisa menikmati wisata air, ada kolam renang anak balita, remaja dan dewasa. Selain itu juga kolam renang khusus wanita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya