SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, M Said Hidayat, memegang trofi dan piagam penghargaan Swasti Saba Wistara yang diterima dari Kementerian Kesehatan pada 28 November 2023. Foto diambil Jumat (15/12/2023). (boyolali.go.id)

Solopos.com, BOYOLALI — Kabupaten Boyolali baru-baru ini memperoleh penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan atau Kemenkes. Itu adalah predikat atau kategori tertinggi penghargaan bagi pemerintah daerah di bidang kesehatan yang diberikan pemerintah pusat.

Berdasarkan informasi yang diunggah di laman resmi Pemkab Boyolali, boyolali.go.id, Jumat (15/12/2023), penghargaan diberikan pada 28 November 2023 lalu di Jakarta.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Total ada 27 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang mendapat penghargaan pada kategori Swasti Saba Wistara dan Kabupaten Boyolali menjadi satu satunya kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang meraih penghargaan tersebut.

“Yang diterimakan 27 kabupaten/kota se-Indonesia, Jawa Tengah satu satunya Kabupaten Boyolali,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Boyolali, Puji Astuti, seperti dikutip Solopos.com dari laman boyolali.go.id, Minggu (17/12/2023).

Penghargaan Swasti Saba Wistara merupakan predikat atau kategori tertinggi dalam bidang kesehatan yang diberikan Kemenkes kepada kabupaten/kota yang telah berhasil mencapai predikat sebagai daerah yang sehat. Ada sejumlah syarat yang ditetapkan untuk mencapai kategori tersebut.

“Bukan sekadar penghargaan yang didapat, tetapi benar benar kabupaten sehat itu tercipta di Kabupaten Boyolali. Maka kami tetap menggerakkan masyarakat untuk Germas, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat,” tegas Puji.

Sementara itu, Bupati Boyolali, M Said Hidayat mengaku senang dan menyampaikan apresiasi kepada jajaran Pemkab Boyolali dan seluruh masyarakat. Ia berpesan dengan penghargaan kabupaten/kota sehat, perlu ditingkatkan apa yang sudah di capai sejauh ini.

“Pertahankan apa yang sudah kita raih karena ini semua untuk memberikan hal yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Boyolali. Tetap tanamkan semangat bekerja kita agar semakin baik ke depan. Berikan pelayanan terbaik pada masyarakat Kabupaten Boyolali,” pesannya.

Sebagai informasi, pada 2021 Kabupaten Boyolali juga meraih penghargaan bidang kesehatan dengan predikat Swasti Saba kategori Padapa dari Kemenkes.

Sementara itu, menurut informasi di laman sehatnegeriku.kemkes.go.id, Kemenkes memberikan penghargaan terkait peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 kepada 169 kabupaten/kota sehat dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tahun 2023.

Penghargaan diserahkan di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta Pusat, Selasa (28/11/2023) malam. Penghargaan dibagi menjadi beberapa kategori. Sebanyak 136 kabupaten/kota menerima penghargaan Swasti Saba dan 33 kabupaten/kota menerima penghargaan STBM.

Untuk penghargaan Swasti Saba, perinciannya sebanyak 27 kabupaten/kota menerima penghargaan kategori Swasti Saba Wistara, 34 kabupaten/kota menerima penghargaan Swasti Saba Wiwerda, dan 75 kabupaten/kota menerima Swasti Saba Padapa.

Sementara untuk STBM, 20 kabupaten/kota menerima penghargaan sebagai STBM Pratama, sembilan kabupaten/kota Madya, dan sempat kabupaten/kota Paripurna.

Selain kabupaten/kota, Kemenkes juga menyerahkan penghargaan kepada enam provinsi pembina terbaik dalam memfasilitasi keberhasilan kabupaten/kota sehat dan satu provinsi yang telah mencapai keberhasilan 100% setop buang air besar sembarangan di seluruh kabupaten/kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya