SOLOPOS.COM - Wabup Klaten, Yoga Hardaya, menandatangani berita acara tanda selesainya KBMKB di Desa Carikan, Kecamatan Juwiring, Rabu (20/12/2023). (Istimewa/Diskominfo Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Jalan sepanjang 700 meter dan lebar 4,1 meter di Desa Carikan, Kecamatan Juwiring, Klaten, kini jadi mulus setelah dicor lewat program Karya Bhakti Mandiri Klaten Bersinar atau KBMKB ke-20 tahun 2023.

Jalan tersebut diresmikan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya, Rabu (20/12/2023). Selama sebulan, KBMKB berhasil menyelesaikan target sasaran fisik berupa betonisasi jalan sepanjang 700 meter dengan lebar 4,1 meter itu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Yoga berharap hasil pembangunan wilayah melalui program KBMKB dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat. Betonisasi jalan hasil KBMKB ditujukan untuk memberikan dukungan pada kegiatan pertanian di Desa Carikan.

“KBMKB ini merupakan model untuk pembangunan daerah yang bersinergi TNI-Polri bersama dengan masyarakat. Hasil yang dicapai pun luar biasa karena adanya sinergitas ini,” kata Yoga dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com dari Diskominfo Klaten, Rabu.

Yoga mengatakan adanya program KBMKB dan TMMD membantu Pemkab Klaten dalam percepatan pembangunan di daerah, salah satunya pengecoran jalan di Juwiring, Klaten. “Mungkin secara nilai anggaran tidak seberapa, namun karena adanya sinergitas ini, anggaran yang ada dapat dimaksimalkan dan hasil pembangunannya dapat dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Upacara penutupan KBMKB ke-20 di Desa Carikan, Kecamatan Juwiring, itu dihadiri Forkopimda, kepala OPD, TNI/Polri. Komandan Kodim 0723/Klaten, Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo, hadir selaku inspektur pada upacara penutupan KBMKB.

“Kita bersama-sama telah membuktikan kemanunggalan dan kerja keras dengan gotong royong pembangunan jalan dengan betonisasi dan pembangunan talut jalan adalah bukti pembangunan fisik kerja sama TNI dan masyarakat,” ujar Dandim membacakan sambutan Bupati Klaten.

Perwira Pelaksana, Kapten Cba Budiyono, menyampaikan sasaran pokok pada KBMKB ke-20 di Desa Carikan, Juwiring, Klaten, itu berupa betonisasi jalan panjang 700 meter lebar 4,1 meter tebal 12 sentimeter. Selain itu juga talut jalan sepanjang 55 meter, tinggi 1,4 meter, dan tebal 30 sentimeter.

Sasaran nonfisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, antisipasi berita hoaks, kenakalan remaja, dan mitigasi bencana juga telah dilaksanakan. Seluruh sasaran selesai 100 persen.

“KBMKB ini dilaksanakan mulai 23 November sampai  20 Desember 2023. Tenaga kerja setiap hari yakni TNI sejumlah 30 orang, teknisi sejumlah empat orang, Polri sejumlah dua orang, aparat desa empat orang, dan masyarakat 40 orang, dan total 80 orang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya