SOLOPOS.COM - Papan petunjuk arah menuju tempat-tempat wisata terpasang di salah ruas jalan di Wonogiri, Selasa (26/3/2024). (Solopos/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemeliharan jalan menjelang Lebaran 2024 tidak hanya menyasar jalur mudik tapi juga sejumlah jalur menuju objek wisata andalan di Wonogiri

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Wonogiri melakukan pemeliharaan dengan menambal lubang di jalur wisata lantaran pada momentum Lebaran pengunjung objek wisata di Wonogiri diperkirakan meningkat.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Bidang Bina Marga DPU Wonogiri, Bambang Agus Rinanto, mengatakan pemeliharaan jalan itu sudah dikerjakan bertahap sejak Februari 2024.

Direncanakan tujuh hari sebelum Idulfitri sudah bisa diselesaikan. Selain yang diperbaiki itu jalur mudik, kami juga memperbaiki jalur menuju tempat wisata,” kata dia ketika diwawancarai Solopos.com, Selasa (26/3/2024).

Bambang mengatakan sejumlah jalur wisata yang diperbaiki seperti  ruas jalan Paranggupito-Sembukan. Dia mengatakan jalur itu diperkirakan ramai lantaran mengarah ke Pantai Klotok dan Pantai Sembukan yang sempat viral dan ramai pengunjung pada Libur Nataru lalu.

“Meskipun itu bukan jalur mudik, tetapi diperkirakan ramai karena ini kan dipakai untuk ke arah pantai, biasanya kan ramai nanti,” kata dia.

Selain itu, jalur wisata lain yang dibuat mulus seperti ruas jalan Bulukerto-Conto dan Giribelah-Paranggupito. Dia mengatakan jalur-jalur tersebut bakal disasar pemeliharaan dalam bentuk penambalan lubang.

Dia mengatakan biasanya sehabis kumpul dengan keluarga, para pemudik memanfaatkan momentum libur Lebaran itu untuk pergi bersama ke tempat wisata. “Biasanya dua sampai tiga hari setelah Lebaran mereka datang ke tempat-tempat wisata,” kata dia.

Sebelumnya, Bambang mengatakan total ada 13 ruas jalan yang diperbaiki menjelang Lebaran. Ruas jalan itu yakni Sidoharjo-Girimarto, Girimarto-Jatipurno, Girimarto-Jatirejo, Jatirejo-Latung, Slogohimo-Bulukerto, Bulukerto-Conto, Pracimantoro-Sambiroto.

Lonjakan Jumlah Wisatawan

Kemudian Giribelah-Paranggupito, Paranggupito-Sembukan, Lingkar Kota Baturetno, Jl Brigjen Katamso, Jl Ahmad Yani, serta ruas jalan Krisak-Ngricik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Wonogiri, Haryanto, mengatakan momentum Lebaran biasanya memang turut mendongkrak jumlah kunjungan ke objek wisata di Wonogiri.

Dia memperkirakan selama Lebaran akan terjadi lonjakan jumlah wisatawan. “Selama libur Lebaran biasanya [total keseluruhan] 50.000-60.000 wisatawan,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com, Selasa.

Salah satu tempat wisata yang menjadi ikon Kabupaten Wonogiri adalah Waduk Gajah Mungkur (WGM). Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya, jumlah pengunjung objek wisata itu diproyeksikan 5.000-10.000 orang per hari selama momen libur Lebaran 2024.

Prediksi jumlah pengunjung sebanyak itu karena revitalisasi objek wisata andalan Wonogiri itu sudah rampung kendati fasilitas scenic bridge atau jembatan kaca belum bisa digunakan.

Pemerintah juga memperkirakan jumlah pemudik bisa pada Lebaran 2024 ini bakal mencapai puluhan ribu bahkan bisa ratusan ribu orang. Potensi orang sebanyak itu akan ditangkap pengelola objek wisata dengan berbagai promosi dan penambahan fasilitas, sehingga para pemudik itu tertarik berkunjung.

“Kami sudah siapkan penambahan fasilitas di objek wisata WGM salah satunya dengan mempercantik tata ruang dan penambahan sumber daya manusia. Saat masa libur itu, kami akan undang kelompok-kelompok kesenian tradisional Wonogiri untuk menghibur pengunjung. Promosi via media sosial sudah mulai kami gencarkan,” kata Haryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya