SOLOPOS.COM - Tiga pemenang lomba pelajar pelopor keselamatan lalu lintas 2024 yang digelar Dishub Boyolali berfoto dengan dewan juri, Rabu (22/5/2024). (Istimewa/Dishub Boyolali)

Solopos.com, BOYOLALI — Siswa SMAN 1 Boyolali, Farakhatu Syakira Fidinina, keluar sebagai juara I Lomba Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 2024 yang digelar Dinas Perhubungan (Dishub) Boyolali.

Farakhatu berhasil mengalahkan 26 pelajar lainnya yang mengikuti lomba tersebut. Lomba digelar meningkatkan keselamatan dan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalu lintas.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Dishub Boyolali, M Arief Wardianta, menjelaskan selain untuk mencari pelajar pelopor keselamatan lalu lintas terbaik di Boyolali, ajang tersebut juga menjadi salah satu upaya untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di kalangan pelajar.

“Kegiatan ini untuk melahirkan pelajar yang memiliki kepedulian dalam mewujudkan keselamatan lalu lintas. Kemudian kita menanamkan membangun pemahaman kesadaran berlalu lintas bagi kaum pelajar dan ke masyarakat. Memberikan motivasi kepada pelajar kepedulian dalam berlalu lintas,” jelasnya dalam siaran pers yang diperoleh Solopos.com, Kamis (23/5/2024).

Arief menjelaskan lomba pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan tersebut diperuntukkan siswa SMA/SMK dan sederajat di Boyolali. Para peserta terlebih dahulu mengikuti seleksi karya tulis dari sekolah masing-masing yang dikirimkan ke Dishub Boyolali.

“Tahun ini ada 27 karya tulis yang masuk dan diambil 20 terbaik. Selanjutnya, karya tulis tersebut dipresentasikan di depan para dewan juri,” jelasnya. Presentasi karya tulis para peserta lomba pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dilaksanakan di kantor Dishub Boyolali, Rabu (22/5/2024).

Arief menjelaskan ada lima anggota dewan juri yang menilai para peserta selain dari Dishub Boyolali yaitu dari unsur Organisasi Angkutan Darat (Organda), kepolisian, Cabang Dinas Pendidikan, dan Jasa Raharja.

Ada beberapa kriteria yang dinilai dari para peserta seperti public speaking, kepemimpinan atau leadership, norma, dan etika. Tak hanya menilai presentasi, para juri juga menilai materi karya tulis yang dibuat para peserta.

“Yang dinilai ada dari struktur penulisan, kualitas isi, penyusunan kalimat, bahan presentasi, pesan dan harapan. Lalu, ada juga kriteria praktik lapangan yang terdiri dari simulator dan safety riding,” jelas dia.

Ia berharap dengan lomba pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan 2024, para peserta dapat menjadi teladan untuk orang-orang terdekat. Terutama di lingkungan sekolah masing-masing.

“Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran transportasi dalam berkendaraan di jalan dalam kaitannya dengan tertib berlalu lintas,” kata dia.

Dari hasil penilaian dewan juri, berikut nama-nama pemenang lomba pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan Boyolali 2024:

  • Juara I: Farakhatu Syakira Fidinina dari SMA Negeri 1 Boyolali
  • Juara II: Nadya Aulya Putri dari SMA Negeri 1 Boyolali
  • Juara III: Fadlan Raya Effendi dari SMA Pradita Dirgantara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya