SOLOPOS.COM - Personel Damkar Wonogiri menangkap ular piton yang memakan satu ekor mentok atau itik di kandang milik warga Desa Ngadirojo Kidul, Ngadirojo, Wonogiri, Selasa (24/10/2023). (Istimewa/Damkar Wonogiri)

Solopos.com, WONOGIRIUlar piton sepanjang tiga meter ditangkap warga setelah menelan satu ekor mentok atau itik serati milik warga Desa Ngadirojo Kidul, Ngadirojo, Wonogiri, Selasa (24/10/2023).

Personel Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri telah mengevakuasi ular tersebut dari kandang mentok. Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Wonogiri, Joko Santoso, mengatakan laporan adanya ular piton di kandang itik Desa Ngadirojo diterima pada Selasa siang.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kemudian satu regu Damkar terdiri dari empat personel menuju lokasi. Ular piton berhasil dievakuasi dalam waktu lebih kurang 30 menit. Petugas harus bekerja keras mengeluarkan ular yang berada di sela-sela kandang sempit.

Selain itu, ular juga melilit kayu sehingga menyulitkan proses evakuasi. “Ular piton itu sudah memakan satu ekor mentok di kandang,” kata Joko saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Setelah berhasil dievakuasi,  sambung Joko, ular piton di kandang ternak warga Ngadirojo, Wonogiri, itu diserahkan kepada pencinta reptil. Menurut dia, ular masuk ke kandang atau permukiman kerap terjadi lantaran ular menganggap di tempat itu ada mangsa.

Rumah yang kotor juga sangat potensial didatangi ular. Sebab bisa saja hal itu menjadi sarang tikus yang menjadi makanan ular. “Menjaga kebersihan rumah dan kandang jadi salah satu cara pencegahan agar ular tidak masuk ke rumah,” ujar dia.

Joko menyebut Damkar Wonogiri sudah puluhan kali mendapatkan laporan warga terkait ular masuk ke permukiman. Sepanjang Januari sampai 24 Oktober 2023, Damkar Wonogiri telah mengevakuasi 39 ular di permukiman.

Selain itu, evakuasi sarang tawon di pemukiman sudah ada 107 kali. “Memang walaupun kami ini damkar, masyarakat kerap meminta tolong kepada kami untuk hal-hal lain seperti evakuasi ular, bahkan pelepasan cincin,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya