SOLOPOS.COM - Pemkab Sumbawa bersama Umuka menandatangani nota kesepakatan (MoU) pada Jumat (8/3/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR-Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka) terus memperluas jaringan kerja samanya. Di tahun ini, universitas akan berusia dua tahun pada Juni nanti telah meneken nota kesepahaman (MoU) bersama Pemerintah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Penandatangan MoU digelar Umuka bersama Pemkab Sumbawa pada Jumat (8/3/2024) pagi.

Rektor Umuka Muh. Samsuri mengatakan penandatangan MoU berkaitan dengan Catur Dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam nota kesepakatan itu, Umuka memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada warga Sumbawa untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi milik Muhammadiyah tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Umuka akan memberikan beasiswa kepada masyarakat Sumbawa yang akan melanjutkan studi ke Umuka,” kata dia kepada Espos, Jumat (8/3/2024).

Lebih lanjut Samsuri mengatakan pemberian beasiswa kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Karanganyar atas kerja sama dengan Pemkab Sumbawa. Sebelumnya, Umuka juga memberikan beasiswa penuh kepada warga Sumbawa mulai dari uang kuliah, makan dan tempat tinggal. Setidaknya ada 12 mahasiswa asal Sumbawa yang menerima beasiswa tersebut. Kerja sama akan dilanjutkan dengan pemberian beasiswa kepada warga miskin dan kurang mampu yang akan kuliah di Umuka Solo.

“Kerja sama Umuka Solo dengan Pemda Sumbawa ini luar biasa. Kami memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada warga Sumbawa untuk menempuh pendidikan di sini,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Dirmawan menyampaikan kerja sama dengan Umuka akan mempermudah bagi warga Sumbawa yang melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi. Bentuk kerjasama yang diberikan, Pemkab Sumbawa akan memberikan beasiswa bagi warganya yang bersekolah di Umuka.

“Hari ini menindaklanjuti penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama antara Bupati Sumbawa dengan Rektor Universitas Muhammadiyah pada tanggal 4 Maret 2024 lalu di Sumbawa,” kata dia.

Dia berharap kerja sama ini memberikan banyak manfaat bagi warga Sumbawa dan Universitas Muhammadiyah Karanganyar. Pihaknya juga akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat Sumbawa agar melanjutkan studi ke Umuka. Bagi keluarga miskin dan kurang mampu, nantinya akan diberikan beasiswa tersebut. Dirmawan menambahkan, antusiasme masyarakat Sumbawa untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi cukup besar. Banyak warga Sumbawa yang melanjutkan pendidikan ke Pulau Jawa.

“Kita berharap, setelah menyelesaikan studinya, dapat memberikan kontribusi untuk membangun kota Sumbawa,” harapnya.

Ketua Komunitas Ikatan keluarga Sumbawa di Yogya dan Jawa Tengah Zainal Abidin mengapresiasi ikatan Sumbawa dengan Umuka yang terjalin saat ini. Menurutnya ini bisa menjadi support, motivasi untuk bersama-sama saling memberikan dorongan dan semangat kedepannya. Kerja sama perdana antara Umuka dan Pemda Sumbawa ini akan menjadi pemantik awal.

“Mudah-mudahan ke depan ada kerja sama dengan pihak lain lagi di Jawa Tengah dalam banyak hal,” imbuhnya.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karanganyar Muhammad Arief Babher mengapresiasi dan mendorong kerja sama antara Universitas Muhammadiyah Karanganyar dengan Sumbawa sehingga membawa kemaslahatan kepada kedua belah pihak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya