SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video viral yang merekam segerombolan monyet menyeberang jalan di Cepogo, Boyolali. (TikTok @rasahresahh_1978)

Solopos.com, BOYOLALI — Video kawanan monyet berlarian menyeberang jalan beraspal yang disebutkan berada di wilayah Cepogo, Boyolali, viral di media sosial TikTok. Video tersebut diunggah akun TikTok @rasahresahh_1978 pada Kamis (12/10/2023).

Hingga Jumat (13/10/2023) sore, video itu sudah ditonton 307.500 kali dan disukai 2.774 akun. Selain itu video tersebut mengundang 401 komentar, 194 orang menyimpan, dan 355 akun yang membagikan.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dalam narasi di dalam video tersebut, terdengar suara seorang pria yang mengatakan banyak kera yang turun ke wilayah Cepogo. “Ini kera-kera dari lereng Merapi, saudara-saudara. Mungkin karena tempatnya dipersempit, jadi dia terus mencari tempat di mana ia untuk mencari makan, karena di lereng Merapi sudah kekurangan makanan mungkin, teman-teman,” kata suara pria dalam video tersebut.

Warganet membanjiri kolom komentar unggahan video tersebut. Ada yang menduga turunnya kawanan kera tersebut karena ada hubungannya dengan meningkatnya aktivitas Gunung Merapi.

Ada pula yang menduga kera turun karena musim kemarau panjang, sehingga kekurangan makanan di gunung. Menanggapi hal tersebut, Camat Cepogo, Dwi Sundarto, membenarkan lokasi video tersebut berada di wilayahnya.

Namun, narasi di dalam video yang menyebutkan kera turun karena habitatnya menjadi sempit kurang tepat. Ia mengatakan para kera turun dan mengganggu tanaman warga karena di gunung kekurangan makanan.

“Biasanya kera turun ke Wonodoyo, Jombong, dan Sukabumi. Di musim kemarau, di atas kehabisan sumber makanan, informasinya sering turun. Untuk kejadian kapan, belum mendapatkan konfirmasi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya