SOLOPOS.COM - Mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani dan Juliyatmono duduk berdampingan dengan Penjabat (Pj) Bupati Timotius Suryadi saat pisah sambut bupati di Pendapa RM Said pada Senin (18/12/2023). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, SOLO–Peringatan Pimpinan DPRD Kabupaten Karanganyar kepada Pj Bupati Timotius Suryadi agar tidak mengubrak-abrik birokrasi dengan memutasi pejabat menjadi berita terpopuler laman Solopos.com, Selasa (19/12/2023) pagi. Pj Bupati diminta fokus mempercepat penyerapan APBD yang baru terserap 80%.

Dalam berita terpopuler itu terungkap Wakil Ketua DPRD Karanganyar Anung Marwoko meminta agar tidak ada mutasi pejabat Pemkab dalam waktu dekat. Menurut dia, para pejabat sedang mempercepat penyerapan anggaran dan menyelesaikan kegiatan pada akhir tahun.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Jangan dulu ada mutasi pejabat, meski Pj juga memiliki hak melakukan mutasi. Biarkan semua bekerja untuk merampungkan program kerja,” kata Anung usai menyapa Bupati Karanganyar di Pendapa RM Said, Senin (18/12). /2023).

Merujuk aturan, Anung mengatakan Pj. Bupati dapat melakukan mutasi terhadap pejabat ASN Pemkab Karanganyar. Namun prosesnya, Pj Bupati harus mengajukan izin ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk melaksanakan mutasi tersebut.

Hal terpenting lain, mutasi harus mempertimbangkan geografis atau domisili serta keahlian dan kemampuan ASN. Bukan atas dasar suka dan tidak suka maupun kepentingan tertentu. Anung tak ingin mutasi menjadi momok menakutkan bagi para ASN, terutama selepas pergantian pucuk pimpinan.

“Biarkan ASN bekerja dengan nyaman dan aman. Jangan diutak-atik lagi. Sing wingi kisruh [mutasi di era Bupati Rober Christanto] sudah biarkan berjalan dulu saja,” katanya.

Selain ulasan soal mutasi pejabat asal Karanganyar, kabar lain seperti aksi demo BEM di depan Balai Kota Solo, Bodi KA Batara Kresna penyok, hingga konser penyambutan tahun baru juga masuk dalam daftar 10 berita terpopuler Solopos.com.

Berikut 10 berita terpopuler Solopos.com 24 jam terakhir hingga Selasa (19/12/2023) pagi:

Pimpinan DPRD Karanganyar Peringatkan Pj. Bupati Tak Mutasi Pejabat

Gelar Demo di Depan Balai Kota Solo, Aliansi BEM Ajak Debat Gibran

Solo dan Semarang Jadi Tujuan Wisata di Jateng, Pemprov Pantau Wahana Permainan

Tabrak Guardrail Tol Solo-Ngawi di Sragen, Warga Jaten Karanganyar Meninggal

Siap-siap Ada Konser Lagi, Ini Rangkaian Acara Sambut Tahun Baru di Wonogiri

Ini Alasan Pemkab Sragen Ingin Naikkan Tarif Retribusi Pasar Tradisional

Link Download Logo dan Buku Pedoman Peringatan Hari Ibu 22 Desember 2023

Kronologi Kecelakaan Maut Pasutri di Giriwoyo Wonogiri, Diduga karena Mengantuk

Ditabrak Truk di Solo, Bodi KA Batara Kresna Penyok

Bea Cukai dan Polisi Gagalkan Penyelundupan Narkoba di Bandara Soekarno Hatta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya