SOLOPOS.COM - Warga Kali Gandul, Jemowo, Tamansari, Boyolali, memasang spanduk penolakan aktivitas tambang galian C di Kali Kerok sekaligus memblokade jalan masuk alat berat dengan spanduk, Senin (4/12/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, SOLO–Aksi demo menolak tambang galian C dilakukan warga di Dukuh Kali Gandul, Desa Jemowo, Kecamatan Tamansari, Boyolali, Senin (4/12/2023) siang, masuk daftar 10 berita terpopuler di laman Solopos.com. Diberitakan, warga menuntut aktivitas tambang galian C pasir dan batu di daerah mereka dihentikan.

Dalam aksi unjuk rasa tersebut, warga memasang spanduk penolakan berbunyi “Stop Galian C 4-12-2023”, “Stop Tambang Galian C”, dan sebagainya. Salah satu perwakilan warga, Slamet Ngateno, mengatakan pada Senin pagi, warga meminta alat berat di lokasi untuk dibawa pergi dari lokasi penambangan.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kemudian, warga memasang spanduk-spanduk penolakan di pintu masuk lokasi penambangan sebagai bentuk blokade. Ia menjelaskan warga RW 008 Desa Jemowo, Tamansari, Boyolali, yang menggelar aksi demo meminta kepada aparat desa dan penegak hukum untuk meniadakan aktivitas tambang galian C di Jemowo.

Slamet mengatakan aktivitas tambang baru berjalan sekitar Selasa (28/11/2023) pekan kemarin. Namun, warga tidak ingin kejadian sebelumnya terulang kembali. “Ini contohnya Kali Kerok [lokasi penambangan]. Kami warga tidak suka adanya tambang baik secara ilegal maupun legal dengan menggunakan alat berat,” kata dia kepada wartawan di lokasi, Senin.

Selain ulasan tentang unjuk rasa menolak tambang galian C, sejumlah kabar lain seperti peresmian Pasar Gedhe Klaten, ular kobra masuk rumah di Sragen, sosok orang tua Tiko Aryawardhana atau mertua artis Bunga Citra Lestari (BCL), hingga kelanjutkan kasus jatuhnya biangkala di Colomadu juga masuk daftar berita terpopuler hari ini.

Berikut deretan berita terpopuler Solopos.com, Selasa (5/12/2023) pagi:

Kades Jirapan Sragen Pertanyakan Surat Panwaslu Terkait Kasus Bayan

Didemo Warga, Pengelola Tambang Galian C di Jemowo Boyolali Klaim Sudah Berizin

Peresmian Pasar Gedhe Klaten Hari Ini Dimeriahkan Penampilan Evan Loss

Warga Putatan Sragen Dibuat Heboh dengan 9 Ekor Ular Kobra Masuk Rumah

Warga Jemowo Boyolali Demo Tolak Tambang Galian C, Tuntut Operasi Disetop

Terungkap Sosok Orang Tua Tiko Aryawardhana, Mertua BCL yang Bikin Penasaran

Ingat, Simpang Joglo Dibuka, hanya 3 Jenis Kendaraan yang Boleh Melintas

Tragedi Bianglala di Colomadu, Polisi Sebut Belum Ada Tersangka Tambahan

Dua Warga Asing Hipnotis Kasir Toko di Ngawi, Uang Penjualan Rp1,6 Juta Raib

Gunung Marapi Meletus, 11 Pendaki Dinyatakan Meninggal Dunia, 28 Belum Turun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya