SOLOPOS.COM - Sebuah mobil di pinggir jalan Perumahan Margoasri, Puro, Karangmalang, Sragen, terendam banjir, Selasa (5/3/2024) malam. (Istimewa/Ibnu)

Solopos.com, SRAGEN—Hujan deras mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah Kabupaten Sragen, Selasa (5/3/2024) malam, salah satunya di Perumahan Margoasri, Desa Puro, Kecamatan Karangmalang, Sragen. Ketinggian genangan air sampai dada orang dewasa tetapi air dalam waktu cepat bisa surut.

Bayan Desa Puro, Karangmalang, Sragen, Sri Hartati, saat dihubungi Solopos.com, Selasa malam, mengungkapkan genangan air itu terjadi karena luapan air dari saluran irigasi dan sawah di sisi selatan Perumahan Margoasri. Dia menyampaikan genangan air terjadi di gang 8, 9, 10, 11, dan 12. Dia mengatakan kedalaman air sempat sedada orang dewasa sebelum pukul 19.00 WIB tetapi sekarang sudah surut cepat. Hingga pukul 21.00 WIB, air sudah surut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Ada ratusan rumah keluarga yang terdampak banjir. Tadi sudah diumumkan di masjid untuk kerjabakti karena air sudah surut. Air memang kebanyakan masuk rumah. Banjir itu disebabkan intensitas hujan yang tinggi dan lama dan luapan sungai irigasi dari sawah. Ini merupakan banjir paling parah,” jelasnya.

Tatik, sapaannya, menyampaikan banjir paling parah di gang 11 Perumahan Margoasri Sragen. Dia mengatakan air masuk dari saluran irigasi sisi timur perumahan dan drainase di dalam perumahan. Selain di Margosari, kata dia, banjir juga terjadi di Sentonorejo yang juga disebabkan luapan saluran irigasi tetapi sudah surut.

Seorang warga Margoasri, Ibnu, mengatakan banjir itu disebabkan irigasi dari sawah selatan perumahan membeludak dan masuk perumahan. Dia mengatakan ketinggian air memang sempat setinggi dada orang dewasa. Bahkan hampur separuh mobil Grand Livina yang diparkir di jalan juga terendam air. “Sekarang sudah surut, tadi BPBD dan PMI sempat ke lokasi,” jelasnya.

Camat Karangmalang, Sragen, Dani Wahyu Setiawan, juga membenarkan banjir yang terjadi di Margoasri yang berlangsung singkat, yakni terjadi di gang 8, 9, 10, dan 11. Dia mengatakan paling parah gang 11 karena menjadi titik kumpul air mengingat lokasinya paling rendah.

Berikut data lokasi banjir di Sragen per Selasa pukul 20.41 WIB:

  1. Perumahan Margoasri gang 11-8 Desa Puro, Karangmalang
  2. Dukuh Sentonorejo Desa Puro, Karangmalang.
  3. Kampung Karangasem, Kelurahan Karangtengah, Sragen Kota
  4. Dukuh Margomulyo RT 040, Desa Puro, Karangmalang.
  5. Kampung Gandu RT 04, Kelurahan Karangtengah, Sragen Kota.
  6. Kampung Ngepringan, Kelurahan Karangtengah, Sragen Kota
  7. Jalan Mangga 1 Wonowoso, Kelurahan Sine, Sragen Kota
  8. Kampung Bangunrejo RT 24, Kelurahan Plumbungan, Karangmalang
  9. Desa Jono, Kecamatan Tanon.
  10. Kampung Kadipolo RT 01, Kelurahan Sine, Sragen Kota
  11. Dukuh Pulihan RT 20, Desa Bumiaji, Gondang.
  12. Dukuh Jambeyan RT 15 dan 16 Desa Bumiaji, Gondang
  13. Jl. Solo – Purwodadi, Gemolong, Sragen

Sumber: BPBD Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya